Praktikum Penetapan Harga

Strategi pemasaran merupakan salah satu komponen penting dalam pengendalian perusahaan. Unsur harga menjadi isu yang relevan ,di antara berbagai unsur dalam strategi pemasaran, bila dikaitkan dengan kondisi ekonomi nasional yang sedang menghadapi krisis saat ini. Dengan kata lain faktor harga menjadi salah satu masalah utama yang harus dipertimbangkan oleh pemasar. 

Setiap perusahaan harus menentukan harga produk dan jasanya - bahkan produsen komoditas dan perusahaan yang beroperasi dalam lingkungan yang diatur dan dikendalikan harga. Penetapan harga adalah satu-satunya elemen bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan. Instrumen pemasaran lainnya biasanya mendorong biaya dalam proses menciptakan nilai pelanggan, yang diperoleh kembali melalui penetapan harga yang efektif. Dalam lingkungan ekonomi global yang jauh lebih kompleks dan cepat berubah saat ini, pilihan konsumen yang tidak terbatas dan inovasi teknologi yang eksplosif, strategi dan taktik penetapan harga merupakan penentu penting dari posisi kompetitif, kesuksesan, dan pada akhirnya profitabilitas organisasi. Mata kuliah ini akan membahas konsep harga serta berbagai metode dan strategi penetapan harga.