Help with Search courses

Matematika Geodesi

Mata kuliah ini menjelaskan dasar-dasar matematika yang digunakan dalam ilmu Geodesi, meliputi aljabar vektor, differensial vektor, geometri differensial, medan skalar dan medan vektor, serta ilmu ukur segitiga bola.


Teacher: Cecep Pratama

Statistik dan Teori Kesalahan

Matakuliah ini mempelajari konsep dasar statistik, pengertian statistik deskriptif dan inferens, tipe data data statistik, cara penyajian data, pengertian sampel dan populasi, pengertian gejala memusat (modus, median, mean), pengertian variasi kelompok (rata-rata, simpangan baku, kesalahan baku, varian, kovarian, korelasi), konsep pengukuran dan kesalahan (ketidakpastian, macam dan sumber kesalahan dalam pengukuran, presisi dan akurasi, angka signifikan, kemungkinan kejadian, distribusi kesalahan), perambatan kesalahan sistematik dan acak, macammacam distribusi (normal, Fisher, Student, Chi-Square), interval konfidensi, uji statistik, serta penerapannya pada bidang survei dan pemetaan.


Teacher: Cecep Pratama

Geologi Lingkungan

Geologi Lingkungan merupakan cabang geologi yang mempelajari manajemen sesumber geologi dan bahaya geologi, serta diterapkan untuk mencegah/ mengatasi permasalahan lingkungan yang berkaitan dengan fenomena geologi. Dengan mempelajari geologi lingkungan maka pengelolaan sesumber geologi dapat dilakukan secara berwawasan lingkungan (dengan meminimalkan dampak negatif), serta bahaya geologi dapat dicegah/ diantisipasi. Konsep utama geologi lingkungan adalah konsep manajemen lingkungan yang didasarkan pada sistem geologi untuk pembangunan berkelanjutan.

Produksi Bersih

Strategi pengelolaan lingkungan yang bersifat preventif dan terpadu

Teacher: Sarto Sarto

Teknik Proses

Teknik proses merupakan mata kuliah dasar utama untuk segala jenis proses pengelolaan bahan bakar dan limbah nuklir, proses industri kimia dan merupakan dasar perancangan instalasi nuklir dan pabrik kimia serta alat-alat yang digunakannya.