Mata kuliah ini membahas metode penelitian komunikasi, baik kuantitatif maupun kualitatif. Penekanan mata kuliah ini adalah pada pemahaman konseptual tentang metode dan aplikasinya. Ruang lingkup materi pembelajaran mengadaptasi perkembangan baru teknologi komunikasi yang ditandai oleh digitalisasi, konvergensi, interaktivitas dan jejaring sosial, virtualitas, mobilisasi, user generated content, dan sebagainya. Akibatnya, studi komunikasi saat ini tidak bisa lagi didekati dengan metode penelitian ‘konvensional’. Oleh karena itu, sebagian besar materi kuliah memberi penekanan pada pendekatan “metode digital”. 

Materi kuliah akan dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama membahas mengenai paradigma dan prinsip dasar penelitian ilmu komunikasi.  Bagian kedua akan mengurai variasi metode baik kuantitatif maupun kualitatif. Pada setiap variasi metode dibahas pengertian suatu metode, kegunaan, prosedur, etika, kelebihan dan kekurangannya. Terakhir, Bagian ketiga menjelaskan penyusunan proposal dan menugaskan mahasiswa menyusunnya sesuai dengan rencana riset yang hendak dilakukan atau tesis yang hendak ditulis.