Cloud Computing - Elins

Mata kuliah ini berfokus pada teknologi yang mendasari cloud computing. Dengan demikian, mata kuliah akan terutama berkonsentrasi pada arsitektur dari sistem client cloud computing, evolusi Internet dalam rangka mendukung cloud, arsitektur dari data center cloud yang modern, dan teknologi-teknologi yang digunakan di dalam cloud. Secara khusus, interest utama adalah pada komponen cloud pada tier yang pertama dan kedua yang berfokus pada elastisitas, skalabilitas, responsiveness, dan bentuk-bentuk keamanan yang diperlukan untuk mendukung transaksi-transaksi cloud. Di akhir mata kuliah ini, mahasiswa tidak hanya akan memperoleh gambaran yang mendalam tentang bagaimana cloud computing berjalan, namun juga memahami teori yang mendasari cloud computing, riset mutakhir, tantangan perekayasaan, dan beberapa teknologi cloud computing terbaru yang digunakan secara praktis.


Materi pembelajaran pada matakuliah ini terdiri dari

  1. Konsep dan pengertian, Teknologi Komputasi Awan
  2. Bentuk dan jenis komputasi Awan IaaS, PaaS, SaaS, Cloud Private, Cloud Public, Cloud Hybrid
  3. Manajemen sumber daya komputasi untuk komputasi awan
  4. Teknologi pendukung lingkungan Komputasi Awan pada lingkungan di AWS, Google Cloud, Azzure dan lainnya
  5. Prototype pengembangan komputasi awan


Sumber bacaan / text book:

1.    Cloud Computing: Concepts, Technology and Architecture, The Pearson Service Technology Series from Thomas Earl, Earl Thomas, Puttini Ricardo, Mahmood Zalgham

2.    AA: Hwang, K., Dongarra, J., dan Fox, G.C., Distributed and Cloud Computing: Clusters, Grids, Clouds, and the Future Internet, Elsevier, 2012.

3.    AB: Schneider, F.B., Birman, K.P., The Monoculture Risk Put in Context, IEEE Security & Privacy, Jan./Feb. 2009, pp. 14-17, IEEE Computer Society, 2009.