Psikologi Internet Genap 2022

Mata kuliah ini dilakukan secara online, dengan materi kuliah interaksi antara manusia dengan internet dalam kehidupan manusia. Hal ini mengeksplorasi fenomena psikologis dengan adanya perkembangan teknologi digital yang semakin pesat (contoh: FoMo, technology-mediated communication, the curated self of social media, cyberbullying, dll). Mata kuliah ini juga mempelajari berbagai penelitian terkini terkait teknologi, social media, video game dan internet,yang akan diulas untuk mengeksplorasi keterhubungannya dengan berbagai topik dalam ranah psikologi. Oleh karena itu, pembelajaran mata kuliah ini adalah membuka kolaborasi antar bidang dalam Psikologi (sosial, klinis, perkembangan, pendidikan, dsb),  yang berinteraksi dengan perkembangan teknologi digital melalui proses berfikir kritis (critical thinking).

 

Pada matakuliah ini, mahasiswa juga diharapkan mampu mengkaitkan  teori-teori psikologi dalam sebuah proyek keperilakuan dengan menggunakan teknologi digital. Hal ini akan mengajak mahasiswa untuk dapat melakukan analisis keperilakuan secara kritis berdasarkan data-data kuantitatif maupun kualitatif yang diperoleh melalui ruang siber. Oleh karena itu cara berfikir sistemik sangat ditekankan. Selanjutnya dalam proses pembelajaran akan mengoptimalkan implementasi teknologi tersebut kemudian mempunyai gagasan/ide proyek yang dituangkan dalam bentuk wiki, makalah, dan video.

Pendekatan team-based project bertujuan untuk memberikan ruang pada mahasiswa berkolaborasi dengan baik. Selain itu mahasiswa diharapkan akan meningkat self-regulated learning.