Berbicara III

Proses pembelajaran mata kuliah Berbicara III dilakukan berdasarkan pendekatan kombinasi Teacher Centered Learning (TCL) dan Student Centered Learning (SCL). Konsep-konsep dasar setiap bab akan didahului dengan TCL dan selanjutnya akan diberikan tugas individu kepada masing-masing mahasiswa. Di akhir perkuliahan dilakukan diskusi kelompok untuk melihat sejauh mana pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah diberikan. Pendekatan SCL dilakukan melalui metode Small Group Discussion untuk tugas kelompok dan Role Play & Simulation. Metode penilaian terdiri atas penilaian terhadap capaian pembelajaran dan penilaian proses. Penilaian capaian pembelajaran terdiri dari tugas, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Penilaian proses terdiri dari kehadiran dan kompetensi softskill, baik intrapersonal skill (meliputi kemandirian, berpikir kritis dan analitis, keaktifan) maupun interpersonal skill (meliputi kerja dalam tim dan komunikasi lisan). Berbicara III adalah mata kuliah lanjutan yang berisi tentang situasi-situasi percakapan yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang. Selain itu, mata kuliah ini juga memperkenalkan dan memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang konteks budaya dalam sebuah komunikasi/percakapan, selain memberi pemahaman tentang bahasa, tata bahasa, dan makna bahasa itu sendiri. Mata Kuliah ini memadukan pembelajaran tata bahasa yang sudah diajarkan pada semester-semester sebelumnya, dengan lebih menekankan pada aspek lain seperti nuansa percakapan, konteks budaya, bahasa pragmatik, dan lain sebagainya.