Komunikasi Massa Gasal 2021/2022

Komunikasi massa merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh (terpencar), sangat heterogen, dan menimbulkan efek tertentu (Tan dan Wright cit. Ardianto dan Erdinaya, 2005). Komunikasi massa adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Semester IV dan menjadi dasar bagi mata kuliah lain seperti Jurnalisme Pertanian, Manajemen Penerbitan, dan Manajemen Penyiaran. Sebagai mata kuliah wajib, Kuliah Komunikasi Massa syarat akan transfer ilmu terkait teori dan konsep, seperti definisi, ruang lingkup, fungsi, peran, teori-teori dasar, dan analisis-analisis yang terkait dengan media massa cetak, elektronik, dan internet. Di sisi lain, sebagai cabang ilmu komunikasi yang dinamis, Kuliah Komunikasi Massa membekali mahasiswa untuk peduli dengan perkembangan situasi terkini dengan mengangkat studi kasus yang sedang menjadi trending topic pada lingkup pertanian sebagai bahan diskusi kelas.

Kuliah Komunikasi Massa yang diselenggarakan memiliki keunikan karena berfokus pada pembangunan pertanian. Pertanian merupakan salah satu sektor pekerjaan yang diturunkan dari generasi ke generasi di Indonesia. Pertanian telah mengakar kuat hingga menjadi bagian dari budaya yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Dalam pelaksanaannya, upacara-upacara ritual selalu menyertai kegiatan pertanian di hampir seluruh penjuru Indonesia. Kentalnya unsur budaya pada aktivitas pertanian merupakan kearifal lokal yang harus terus dijaga. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan transmisi budaya yang mengandung penanaman nilai melalui media massa, seperti yang diungkapkan oleh Nurudin (2009) dalam buku Pengantar Komunikasi Massa. Pelestarian budaya termasuk budaya-budaya dalam kegiatan pertanian juga menjadi bagian dari nilai-nilai ke-UGM-an yang mendasari pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

Kuliah Komunikasi Massa memuat implementasi pengembangan soft skills mahasiswa untuk melatih mahasiswa berkomunikasi dengan baik dan beretika secara lisan maupun tulisan.