Manajemen Pemasaran D4 Perbankan
Pemasaran merupakan proses yang teratur dan mendalam untuk perencanaan pasar perusahaan. Mata kuliah ini dimaksudkan untuk menyampaikan elemen utama dari pemasaran dan pentingnya elemen tersebut untuk organisasi. Mata kuliah ini menggambarkan cara perusahaan mencapai tujuan pemasarannya dengan menentukan target pasar tertentu dan menggunakan sumber-sumber pemasaran yang cukup untuk melayani target pasar dengan baik. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan cara yang unggul guna menghadapi pesatnya kemajuan teknologi. Nilai pelanggan dianggap sebagai faktor penting untuk merumuskan strategi yang luas dan menyempurnakannya menjadi bauran pemasaran yang terperinci, termasuk di dalamnya produk, harga, tempat atau distribusi dan promosi, dan rencana implementasi. Perencanaan, evaluasi dan perbaikan yang berkaitan dengan bauran pemasaran perlu keputusan pemasaran oleh seorang manajer. Keputusan termasuk mendefiniskan siapa yang perusahaan inginkan sebagai pelanggan, faktor apa yang perlu untuk dipuaskan, apa produk dan jasa yang akan ditawarkan, apa harga yang sesuai, apa komunikasi untuk mengirim dan menerima, apa saluran distribusi yang akan digunakan, dan apa kemitraan yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnis. Dalam membuat keputusan-keputusan tersebut, manajer akan dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang tidak dapat dikendalikan seperti politik, ekonomi, sosial, hukum, teknologi, faktor demografi dan kompetisi.