Block 1.4. Respiration & Cardiovascular

Blok 1.4 adalah blok keempat pada tahun pertama pembelajaran mahasiswa. Pada blok ini mahasiswa akan mempelajari Pernafasan dan kardiovaskuler dalam berbagai siklus kehidupan yang berdasarkan evidence. Mahasiswa akan mempelajari beberapa cabang ilmu secara terintegrasi yaitu anatomi, histologi, farmakologi, fisiologi, mikrobiologi, penyakit dalam, kardiovaskuler, kebutuhan dasar manusia dan keperawatan medikal bedah dan keperawatan anak. 

Tujuan umum dari blok 1.4 adalah mahasiswa mampu memahami konsep dasar biomedis, asuhan keperawatan pada klien terkait dengan masalah cairan dan elektrolit, kardiovaskuler dan respirasi. Adapun tujuan khusus blokadalah agar mahasiswa mampu: 

  1. Menguraikan mikrobiologi untuk keperawatan: morfologi dan fisiologi bakteri, virus dan resistensi antibiotik.
  2. Menjelaskan prinsip dasar dan keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. 
  3. Menjelaskan konsep keseimbangan asam basa tubuh. 
  4. Menjelaskan ketidakseimbangan cairan, elektrolit dan asam basa tubuh. 
  5. Mengkategorikan penatalaksanaan keperawatan cairan, elektrolit dan asam basa pada semua usia. 
  6. Menganalisis masalah pada klien yang memiliki masalah kekurangan cairan dan elektrolit tubuh. 
  7. Menjelaskan anatomi, histologi dan fisiologi sistem kardiovaskuler. 
  8. Menjelaskan mekanisme hemodinamik. 
  9. Menjelaskan terapi farmakologi untuk gangguan kardiovaskuler dan respirasi. 
  10. Memahami pengkajian pada klien dengan gangguan kardiovaskuler. 
  11. Memahami masalah dan manajemen/ intervensi medis dan keperawatan pada pasien dengan gangguan kardiovaskuler. 
  12. Menjelaskan anatomi dan fisiologi sistem respiratorik. 
  13. Memahami pengkajian secara holistic pada system sistem respiratorik. 
  14. Memahami terapi farmakologik untuk gangguan system pernafasan. 
  15. Memahami masalah dan manajemen/ intervensi medis dan keperawatan pada pasien dengan gangguan kardiovaskuler.

Sebagai pemicu dalam memahami blok ini, terdapat kasus dalam skenario untuk pembelajaran tutorial, case method, team based project dan analisis artikel jurnal. Pembelajaran dilakukan baik melalui e-learning (daring) maupun luring yang akan terjadwal secara bergiliran berdasar kelompok mahasiswa. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi kuliah (tatap muka) seminar secara luring dan daring, case study, case method, tutorial, team based project dan laboratorium. Metode evaluasi yang digunakan disesuaikan dengan metode pembelajarannya yaitu berupa MCQ, penilaian seminat, penilaian laboratoriun dan penilaian kelompok.