Konservasi Tanah dan Air (KTA)

Mata Kuliah Konservasi Tanah dan Air  (KTU 1045) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kehutanan dan kluster bidang agro-komplek di UGM. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar untuk mengenalkan kaitan aspek penggunaan lahan terhadap proses hidrologi, hasil erosi, sedimentasi dan strategi konservasi tanah dan air untuk pengelolaan lingkungan hidup berkelanjutan.

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep, prinsip, metoda pengukuran, dan analisis terkait parameter penyebab erosi yang dapat digunakan untuk melakukan penelitian. Mahasiswa belajar ilmu konservasi tanah dan air dalam cakupan pengertian, lingkup kajianberbagai permasalahan kekinian, dan merumuskan permasalahan terkait perubahan proses hidrologi yang mempengaruhi hasil erosi pada berbagai penggunaan lahankekritisan lahan, membuat  hipotesa, membuat rancangan penelitian sesuai dengan metode yang dipilihnya.

Pada akhir materi, setelah Ujian Tengah Semester, mahasiswa diajak untuk melakukan kajian dengan metode Problem Based Learning untuk merumuskan strategi konservasi tanah dan air yang tepat untuk mencegah dampak sedimentasi dan kerusakan lingkungan. Pada pembelajaran ini, mahasiswa akan bekerja secara berkelompok dan mempresentasikan hasilnya dalam berbagai bentuk multimedia pada pleno kelas untuk mendapat masukan dari kelompok lain dan dosen sehingga dapat dirumuskan sebagai sebuah pengetahuan baru.