GEL 3210 Pengelolaan DAS

Matakuliah Pengelolaan DAS (GEL 3210) merupakan matakuliah pilihan bagi mahasiswa semester lanjut di Fakultas Geografi UGM. Mata kuliah ini diampu oleh Dr. Slamet Suprayogi, M.Si, dan Dr. Dyah Rahmawati Hizbaron, M.T, M.Sc. Target ELO dari matakuliah ini adalah A1, A2, dan A3, B1, dan B2 yaitu penguasaan pengelolaan lingkungan akan lebih matang dan mendalam, khususnya yang berkaitan dengan DAS. Tujuan pembelajaran matakuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat memahami sumberdaya di dalam Das dan cara pengelolaannya baik yang berdampak mapun negatif. Aspek yang diamati antara lain aspek abiotik, biotik dan cultural, dengan pendekatan keruangan, lingkungan dan kewilayahan. 

Matakuliah ini merupakan matakuliah lanjutan yang berfungsi sebagai penunjang beberapa mata kuliah lain di fakultas tersebut, antara lain matakuliah Hidrologi Dasar dan Ilmu Tanah. Matakuliah ini membahas mengenai jenis-jenis permasalah DAS dan cara identifikasinya, contoh program yang diterapkan untuk pengelolaan DAS, analisis sumberdaya lingkungan, dasar-dasar pengelolaan das, integrasi pengelolaan DAS, serta evaluasi dan monitoring program yang diterapkan didalam DAS. Matakuliah ini sangat penting bagi mahasiswa yang ingin mendalami pengelolaan lingkungan baik secara fisik maupun manusianya

Dengan mengikuti matakuliah ini, penguasaan pengelolaan lingkungan akan lebih matang dan mendalam, khususnya yang berkaitan dengan DAS. Tujuan pembelajaran matakuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat memahami sumberdaya di dalam Das dan cara pengelolaannya baik yang berdampak positi dan negatif yang ada di berbagai DAS di Indonesia.


Teacher: Dyah Hizbaron