Teori dan Lingkungan Strategi - Tannas - Dr. John Suprihanto, M.I.M
Pola perubahan lingkungan dan persaingan global yang penuh gejolak membutuhkan pendekatan manajemen strategik untuk melihat dimensi yang menyatakan kondisi masa mendatang tidak dapat sepenuhnya diketahui dengan melakukan ekstrapolasi. Karena itu langkah pertama yang ditempuh adalah dengan menganalisis prospek bisnis yang dilakukan dengan mengidentifikasi trend, kesempatan, ancaman dan serangkaian tindakan yang akan dipergunakan merubah trend historis. Analisis tentang prospek bisnis ini akan menghasilkan beberapa skenario kegiatan perusahaan dimasa mendatang, yang pada gilirannya akan menekankan pentingnya penerapan strategi kontingensi pada organisasi yang peka terhadap lingkungan, khususnya memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan serta memiliki keunggulan bersaing.
Matakuliah ini dirancang untuk membahas berbagai konsep dalam manajemen strategik. Paradigma manajemen strategik umumnya menggunakan pendekatan proses yang berisikan elemen-elemen perumusan visi, misi/tujuan, analisis-diagnosis internal-eksternal, merajut strategi, dan mengesekusi strategi dan evaluasi. Selanjutnya melalui kuliah klasikal, tugas individual dan kelompok, pengamatan lingkungan, presentasi dan diskusi kasus, maka diharapkan proses belajar mengajar dapat mencapai tujuan.