Teori dan Lingkungan Strategi - Tannas - Dr. John Suprihanto, M.I.M

Pola perubahan lingkungan dan persaingan global yang penuh gejolak  membutuhkan pendekatan manajemen  strategik untuk melihat dimensi yang menyatakan kondisi masa mendatang tidak dapat sepenuhnya diketahui dengan  melakukan ekstrapolasi.  Karena  itu  langkah  pertama  yang  ditempuh adalah  dengan  menganalisis prospek bisnis  yang  dilakukan dengan  mengidentifikasi  trend,  kesempatan,  ancaman   dan serangkaian  tindakan yang akan dipergunakan  merubah  trend historis.  Analisis tentang prospek bisnis ini akan  mengha­silkan  beberapa skenario kegiatan perusahaan dimasa menda­tang, yang pada gilirannya akan menekankan pentingnya penerapan strategi  kontingensi  pada organisasi yang peka terhadap lingkungan, khususnya memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan serta memiliki keunggulan bersaing.

Matakuliah ini dirancang untuk membahas berbagai konsep dalam  manajemen strategik. Paradigma manajemen strategik umumnya menggunakan pendekatan proses yang berisikan elemen­-elemen perumusan visi, misi/tujuan, analisis-diagnosis internal-eksternal, merajut strategi, dan mengesekusi strategi dan evaluasi. Selanjutnya melalui kuliah  klasi­kal,  tugas individual dan kelompok,  pengamatan  lingkungan, presentasi dan  diskusi kasus, maka diharapkan proses belajar mengajar  dapat mencapai tujuan.