Metodologi Keilmuan - Peneliti Mandiri


Ini adalah fasilitas pembelajaran bersama untuk peserta program doktoral Ilmu Politik di Departemen Politik dan Pemerintahan, FISIPOL UGM. Fasilitas ini didedikasikan untuk membantu pasa peserta mencapai target antara: menjadi peneliti mandiri; siap dilepas untuk menekuni riset dalam topik tertentu, "cukup" didampingi oleh promotor dan co-promotor. Ada empat kompetensi, dan ke-empat-empatnya harus ditetapkan secara simultan dalam menggeluti topik risetnya.

Kemandirian sebagai peneliti sangatlah penting karena pendidikan doktor dirancang dalam skema 'dotor by reaeach' yang mempetaruhkan thesis statent yang menawarkan novely, bukan 'by course work' di mana desertasi diperankan sekedar sebagai 'desert', karena pertaruhan dalam pembelajaran dititkberatkan pada perkuliahan. Inti pembelajaran yang difasilitasi dengan medium ini adalah menyusun pernyataan-pernyataan yang argumentatif (thesis statement) yang, yang nantinya siap dijustifikasi dengan data yang sesuai.


Perlu  ditekankan sejak awal, misi penyelenggarakan perkuliahan adalah penerapan materi pembalajaran  (Teori Politik, Metodologi Ilmu Politik, dan Metode Pelitian) untuk memamahi/menjelaskakan sebuah issue/fenomena. Boleh dipastikan bahwa setiap peserta yang diterima dalam program doktor ini telah lulus mata kuliah tersebut di atas (teori politik, metodologi ilmu sosial, metode penelitian) dan topik2 tertentu untuk diteliti. Hanya saja, sangat boleh jadi, masing-masing tidak dipahami dan diamalkan sebagai praktek keilmuan, dan lebih dari itu, penerapannya tidak dituntut secara all out karena tdh dituntut untuk menyuguhkan dan mempertahankan kontribusi yang ber-kebaharu-an.