FISIOLOGI PRODI DENTAL HIGIENE

Mata kuliah fisiologi mempelajari mengenai fungsi dan prinsip kerja organ dalam sistim tubuh manusia. Terdapat 10 sistim yang dipelajari sebagai pokok bahasan, yaitu: sistim integumentum, sistim skeletal, sistim muskular, sistim saraf, sistim endokrin, sistim lymphoideum, sistim urinaria, sistim respirasi, sistim kardiovaskular, dan sistim digesti. Masing-masing sistim akan dikaji secara komprehensif, meliputi  (1) Definisi, (2) Fungsi, (3) Mekanisme, (4) Regulasi dan (5) Relasi antar sistim.

      Penyampaian pokok bahasan menggunakan metode pembelajaran berpusat mahasiswa / student centered learning(SCL) yang bersifat kolaboratif dan kooperatif. Metode pembelajaran ini akan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan dinamis dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan perkuliahan dan diskusi diselenggarakan secara tatap muka dan on-line melalui komunitas “e-LOK”.

            Evaluasi hasil belajar mahasiswa dilakukan melalui tes formatif dan tes sumatif. Tes formatif dilakukan dalam bentuk kuis mingguan, tugas, penilaian proses diskusi. Sedangkan tes sumatif dilakukan melalui ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS)