Kebijakan dan Manajemen Mutu | MKDU HPM FKKMK UGM

KUI                                : 6621

Kredit                           : 3 SKS

Semester                     : II (Dua)

Status Mata Kuliah   : Wajib

Koordinator                : Prof. dr. Adi Utarini, MPH., M.Sc., Ph.D.


Mata kuliah ini membahas tentang Kebijakan Mutu Pelayanan Kesehatan di Indonesia baik pada fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama maupun fasilitas pelayanan kesehatan rujukan, konsep  dan  penerapan  manajemen  mutu  dalam  pelayanan  kesehatan  dan  peran  Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten sebagai regulator mutu, dan lembaga independen pelaksana akreditasi yang merupakan salah satu mekanisme regulasi.

Penerapan manajemen mutu pada lembaga pelayanan kesehatan dibahas mulai dengan mengenal isu terkini dalam pelayanan kesehatan, misalnya Jaminan Kesehatan Nasional pada era 2014 sampai dengan 2019 dengan segala dinamika dan persoalan mutu yang terkait dengan isu terkini tersebut. Pendekatan  Rantai  Efek  Perbaikan  Mutu  dari  Donald  Berwick  digunakan  untuk menganalisis permasalahan mutu terkait dengan isu yang diangkat mulai dari pengalaman klien, system mikro pelayanan, system organisasi, dan system lingkungan.

Dalam mata kuliah ini dibahas tentang regulasi mutu yang meliputi perijinan, akreditasi dan sertifikasi. Peran Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten sebagai regulator dan aplikasinya didiskusikan dalam mata kuliah ini, peran lembaga independen pelaksana akreditasi, demikian juga peran masyarakat dalam regulasi mutu.