Hidrometeorologi & Lingkungan

Mata Kuliah Klimatologi & Hidrologi Hutan (KTU 1043) telah diganti namanya menjadi Hidrometeorologi & Lingkungan. Ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kehutanan dan kluster bidang agro-komplek di UGM. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar untuk mengenalkan kaitan aspek meteorologi, klimatologi dan proses hidrologi. 

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang prinsip,konsep, komponen, faktor yang berpengaruh, metoda pengukuran, dan analisis terkait parameter hidrometeorologi yang terkait dengan sektor kehutanan, pertanian, lingkungan hidup dan dapat digunakan untuk melakukan kajian/ penelitian. 

Secara lebih spesifik, mahasiswa belajar ilmu hidrometeorologi  dalam cakupan pengertian, lingkup kajian, berbagai permasalahan kekinian, dan merumuskan permasalahan terkait bencana hidrometeorologi,  membuat  hipotesa, dan menyusun strategi mitigasi dan adaptasi bencana hidrometeorologi terutama yang terkait dengan sektor kehutanan, pertanian dan lingkungan hidup.

Dalam kuliah ini, mahasiswa diajak untuk mengenal dan mampu menganalisa berbagai permasalahan terkait perubahan iklim dan dampak pembangunan yang mempengaruhi kemunculan berbagai jenis bencana hidrometeorologi.

Pada akhir materi, setelah Ujian Tengah Semester, mahasiswa diajak untuk melakukan kajian dengan metode Case Based Learning untuk merumuskan strategi mitigasi bencana hidrometeorologi dan memberikan rekomendasi terhadap adaptasi yang perlu dilakukan untuk merespon dan mencegah dampak dari bencana hidrometeorologi. Pada pembelajaran ini, mahasiswa akan bekerja secara berkelompok dan mempresentasikan hasilnya dalam berbagai bentuk multimedia pada pleno kelas untuk mendapat masukan dari kelompok lain dan dosen sehingga dapat dirumuskan sebagai sebuah pengetahuan baru.