Blok 1.2 Prinsip Kehidupan, Komunikasi dan Fungsi Sosial

PRAKATA

Segala Puji bagi Allah,  Tuhan Yang Maha Kuasa, atas karunia-Nya sehingga Buku Blok 1.2  ini bisa kami terbitkan kembali sebagai panduan bagi dosen dan mahasiswa. Blok 1.2 adalah blok yang membahas tentang Prinsip kehidupan,Komunikasi dan Fungsi Sosial yang akan diselesaikan dalam waktu 6 minggu. Fokus pembelajaran pada blok ini meliputi: Prinsip kehidupan,Komunikasi dan Fungsi Sosial.  Diharapkan buku ini akan membantu dosen dan mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam blok1.2.

 

Pada blok 1.2  ini akan mempelajari beberapa cabang ilmu secara terintegrasi yaitu anatomi, biokimia, farmakologi, fisiologi, patologi klinik, keperawatan dasar, keperawatan medical bedah dan keperawatan emergensi. Selama masa tanggap darurat Covid-19 , maka pembelajaran dalam blok ini menggunakan sistem full online dengan memanfaatkan eLisa (eLearning System for Academic Community) sebagai metode asynchronous dan menggunakan platform daring seperti Webex, Zoom dan platform online lainnya sebagai metode synchronous. Kegiatan pembelajaran yang akan digunakan dalam blok 1.2 menggunakan pendekatan Student-Centered Learning yang meliputi kuliah pakar, diskusi tutorial, praktikum, keterampilan keperawatan, seminar atau presentasi jurnal, studi kasus sebagai pengganti studi lapangan dan belajar mandiri. Semua kegiatan pembelajaran tersebut akan dilakukan secara daring.

 

Evaluasi dilakukan dalam bentuk formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilakukan pada setiap proses pembelajaran melalui proses tutorial, kuis dan lain lain, sedangkan evaluasi sumatif dilakukan melalui ujian akhir blok berupa CBT secara daring. Ujian OSCE (Objective Structured Clinical Examination) akan dilakukan setelah masa tanggap darurat Covid-19 dinyatakan selesai. . Penilaian professional behaviour secare terstruktur melalui proses tutorial dan secara tidak terstruktur dalam bentuk masukan lisan pada setiap perilaku mahasiswa.

 

Kami sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku blok ini, dan kami senantiasa mengharapkan masukan untuk penyempurnaan buku blok ini

 

 

Yogyakarta, September 2021

Tim Blok