Farmasi Masyarakat dan Regulasi (FAK4072)

Mata kuliah ini terdiri dari promosi kesehatan, manajemen perapotekan, dan manajemen pembiayaan kesehatan. Promosi Kesehatan mencakup pokok bahasan mengenai konsep dan sejarah promosi kesehatan, tahapan dalam merancang promosi kesehatan, strategi dalam promosi kesehatan, pemilihan dan pengembangan media promosi kesehatan, monitoring dan evaluasi promosi kesehatan, serta praktek promosi kesehatan di masyarakat oleh farmasis sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan prioritas masalah kesehatan. Manajemen perapotekan mencakup pokok bahasan mengenai aspek legal dan etis, ruang lingkup pengelolaan apotek, manajemen SDM dan organisasi apotek, manajemen operasional (drug management cycle) di apotek, manajemen pemasaran (strategi bisnis dan pengembangan) apotek, manajemen keuangan (cash flow, neraca, rugi laba dan evaluasi), kewirausahaan/ studi kelayakan pendirian apotek dan administrasi apotek serta pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan apotek. Manajemen pembiayaan kesehatan berisi topik tentang sistem jaminan sosial, dan asuransi kesehatan yang akan dibahas lebih detil antara lain yaitu prinsip sistem pembiayaan kesehatan dan asuransi kesehatan, proses penyusunan health benefit package dan peran health technology assessment dalam proses penyusunan health benefit package, permasalahan yang potensial terjadi pada pelaksanaan jaminan kesehatan nasional (BPJS), dan peran farmasis dalam sistem pembiayaan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional.