PRAKTIK KERJA LAPANGAN MSPM 2024

Praktik Kerja Lapangan Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan, memiliki capaian pembelajaran lulusan sebagai berikut:

  1. Menunjukkan sikap jujur, bertanggung-jawab, percaya diri, kematangan emosional, beretika, dan kesadaran menjadi pembelajar sepanjang hayat. (S1)
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agam, moral, dan etika (S3)
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan,  serta pendapat atau temuan orisinil orang lain. (S6)
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap  masyarakat dan lingkungan. (S7)
  5. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya  secara mandiri. (S10)
  6. Mampu beradaptasi, berkreasi, dan berkontribusi dalam rangka menunjukkan kinerja mandiri dan kelompok untuk menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat. (KU1)
  7. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU2)
  8. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (KU6)
  9. Mampu bertangungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan  supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (KU8)
  10. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU10)
  11. Mampu menguasai prinsip profesionalisme, kode etik nutrisionis, standar pelayanan, dan penjaminan mutu pelayanan. (P6)
  12. Mampu mengelola penyelenggaraan makanan massal dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan gizi, teknologi, dan riset. (KK6)
  13. Mampu menerapkan aspek etik, legal, serta profesionalisme dalam riset dan praktik kegizian. (KK9)
  14. Mampu menerapkan nilai-nilai kepemimpinan dan kolaborasi interdisiplin untuk menyelesaikan masalah gizi pada individu, keluarga, kelompok, dan  masyarakat. (KK10)


Praktik Kerja Lapangan Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan, memiliki capaian mata kuliah sebagai berikut:

CPMK1 Menjelaskan gambaran umum institusi penyelenggaraan makanan

CPMK2 Menjelaskan proses penyusunan anggaran belanja makanan

CPMK3 Menjelaskan siklus menu dan standarnya (standar resep, standar porsi, standar bumbu) di rumah sakit

CPMK4 Menganalisis biaya makanan

CPMK5 Menjelaskan tentang SDM (perhitungan kebutuhan tenaga menggunakan beban kerja dan evaluasi ketenagaan)

CPMK 6 Menganalisis desain dan layout dapur dan peralatan (saranaprasarana) di institusi penyelenggaraan makanan

CPMK7 Menjelaskan sistem pembelian dan pemesanan bahan makanan

CPMK8 Menilai kualitas (cita rasa) makanan

CPMK9 Menilai keamanan pangan

CPMK10 Menilai output penyelenggaraan makanan yaitu kepuasan konsumen (internal/SDM atau eksternal/pasien)

CPMK11 Mengevaluasi sistem penyelenggaraan makanan (penerimaan, penyaluran dan penyimpanan bahan makanan, persiapan dan  pengolahan makanan di dapur/ unit produksi, distribusi dan  penyajian makanan, serta pencucian alat makan dan penanganan  limbah)

CPMK 12 )Menilai sistem kesehatan dan keselamatan kerja (K3)

CPMK13 Melakukan dokumentasi dan pelaporan (menyusun dan  mempresentasikan/mendiskusikan laporan praktik)

CPMK 14 Menerapkan aspek etika, moral dan profesionalisme dalam praktik kerja penyelenggaraan makanan yang mengacu pada standar pelayanan institusi