Strategic Leadership-SM-EMBA53

Kepemimpinan strategis (Strategic Leadership) didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengantisipasi, membayangkan, mempertahankan fleksibilitas, berpikir secara strategik, dan bekerja dengan orang lain untuk melakukan perubahan yang akan menciptakan masa depan yang layak bagi organisasi (Irlandia & Hitt, 1999: 43). Mata kuliah ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan tersebut. Struktur mata kuliah dirancang dengan prinsip-prinsip dan komponen dari kepemimpinan strategik yang efektif dan implementasinya secara nyata. Hal ini akan memberikan mahasiswa pemahaman yang lengkap dari tugas-tugas utama dari seorang pemimpin strategik. Dengan membahas berbagai pendekatan kepemimpinan, diharapkan mata kuliah ini dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan strategik mahasiswa. Untuk menjadi seorang pemimpin yang strategik dan efektif dibutuhkan pengamatan dan tindakan yang baik.

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

  1. Memudahkan proses penguasaan yang mendalam mengenai tantangan dan peran kepemimpinan strategisdan komponen inti dari kepemimpinan strategis yang efektif. (Pengetahuan)
  2. Mengembangkan kemampuan kepemimpinan strategis mahasiswa untuk berpikir secara strategis, mengidentifikasi dan menentukan isu-isu strategis, dan memilih dan menerapkan teori-teori, model konseptual dan strategis “tool kit” yang paling relevan dan bermanfaat dalam situasi tertentu, dan menggabungkannya dalam metoda yang sesuai. (Ketrampilan)
  3. Membangun pola pikir mahasiswa secara strategis, kritis, analitis, dan kreatif, dan memberikan kesempatan untuk berlatih dalam latihan penghakiman (judgement). Seorang pemimpin strategis tidak hanya harus pintar tapi juga, yang lebih penting, bijaksana. (Sikap)