ORAL MEDICINE FOR DENTAL HYGIENIST 2024

Oral Medicine merupakan mata kuliah wajib diberikan pada semester IV. Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan yang akan mendasari mahasiswa Program Studi Higiene Gigi (PSHG) untuk dapat menjadi mitra dokter gigi, khususnya pada upaya promotif dan preventif pada kasus-kasus di bidang penyakit mulut.

Secara garis besar materi perkuliahan meliputi identifikasi berbagai kelainan/penyakit jaringan lunak mulut dengan pendekatan etiologi dan factor predisposisi/ risiko, rekognisi manifestasi oral penyakit sistemik, serta asuhan keperawatan klien dengan berbagai kelainan jaringan lunak mulut tersebut. Pembelajaran ini dimaksudkan agar mahasiswa mampu melakukan upaya promotif dan preventif melalui edukasi yang ditujukan untuk memandirikan klien dalam mencegah, mengelola dan menghadapi tata laksana asuhan keperawatan gigi pada kasus-kasus penyakit mulut tersebut.

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat mencapai kompetensi dalam menerapkan strategi promotif dan preventif melalui perilaku untuk mencegah perkembangan atau progresi penyakit gigi dan mulut klien, serta mampu melakukan asuhan keperawatan gigi dan mulut sederhana dan melakukan rujukan yang tepat.