Leadership and Organizational Behavior (R84A) Gasal 2024/2025
Mata kuliah ini merespon dan mengantisipasi dinamika bisnis yang dihadapi oleh seorang pemimpin kaitannya dengan pengelolaan sumber daya manusia secara efektif dengan memahami dan menerapkan ilmu perilaku organisasional (OB). OB adalah bidang studi yang membantu seorang pemimpin untuk memahami dampak perilaku individual dan kelompok, serta pengaruh dan proses organisasional dalam rangka meningkatkan efektivitas organisasi. Mahasiswa akan digerakkan dari semula sebagai pemain solo yang mengontribusikan keahlian, kompetensi dan keterampilan individualnya menjadi seorang team player and contributor bagi organisasi.
Mata kuliah ini dirancang khusus bagi mahasiswa pada semester pertama untuk memberikan beberapa aspek dasar dalam mengelola dan memimpin sumber daya manusia. Aspek pertama adalah pemahaman dan refleksi diri (self awareness) baik sebagai seorang pemimpin ataupun anggota tim sehingga dapat lebih efektif dalam memersepsikan fenomena keperilakuan yang terjadi dalam organisasi. Aspek kedua adalah pemahaman dan kemampuan memengaruhi perilaku individual dan interaksinya untuk mencapai kinerja kelompok. Mata kuliah ini akan memberikan kemampuan kognitif sekaligus mengasah kemampuan memimpin, memotivasi, dan memadukan semua elemen organisasi untuk pencapaian visi dan misi organisasi. Aspek ketiga adalah pemahaman terhadap kondisi imperatif perubahan organisasional yang mengarah pada pencapaian organisasi berkinerja tinggi dan bagaimana hal ini ditunjang dengan kinerja individual dan kelompok yang mumpuni. Aspek terakhir terkait dengan pemahaman dan pengintegrasian semua aspek ke dalam suatu domain berlabel strategic organizational behavior (STROBE). Hal ini menuntut mahasiswa untuk memahami dan menyintesisnya untuk dapat mengambil keputusan yang bersifat strategik bagi masa depan bisnisnya.
Social Media Marketing | Semt Gasal 2024/2025 | MM-JOG
Social Media Marketing (SMM) course is designed to equip students with theoretical foundation, strategies and tools for using and adapting to constantly updated social media marketing strategies for businesses. Social media allows businesses to gain a competitive advantage through the creation and distribution of valuable, relevant and consistent content to attract and retain clearly-defined audiences.
It is key to have a proper social media marketing plan in place for a company which uses and disseminates content on various social media platforms. Students will learn not only general theories and knowledge relevant to social media but also learn how to develop and implement social media marketing strategies for businesses.
Marketing Management Regular Class
The dynamic growth of market driven business activities leads to a greater needs to study marketing management. Marketing skills are broadly needed to strengthen marketers’ judgment and wisdom in taking both strategic decisions such as segmenting, targeting and positioning, as well as tactical decisions such as brand management, pricing, marketing communication, and channel management. This course will discuss marketing skills in terms of those decisions and simulate them in challenging real business situations.
Financial Risk Management
This course discusses risk management in the context of an organization/company. Risks are everywhere. The task of a risk manager is to help an organization becomes more sensitive to the risks, to anticipate, to mitigate them and subsequently to increase the value of the organization. From this class, the students are expected to obtain a comprehensive understanding of how to identify, measure, and manage risks, as well as to comprehend governance aspects of risk management. Hence, the most important outcome is that you are able to perform either as a good risk manager or a financial manager to maximize profits for your company, given the risks you deal with
Leadership & Organizational Behavior SE43
Mata kuliah ini dirancang bagi para pemimpin yang ingin mengelola sumber daya manusia organisasinya secara efektif dengan memahami ilmu perilaku organisasi. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi adalah bidang yang membantu pemimpin memahami dampak perilaku individu dan kelompok, pengaruh organisasi, dan proses untuk meningkatkan efektivitas organisasi. Studi ini penting bagi para pemimpin untuk memahami bagaimana mengelola tim secara efektif dan menyumbangkan keterampilan, kompetensi, dan kemampuan kepada organisasi.
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif kepada mahasiswa tentang pengelolaan dan kepemimpinan sumber daya manusia. Hal ini mencakup beberapa aspek mendasar dalam mengelola dan memimpin sumber daya manusia, dimulai dari kesadaran diri sebagai pemimpin atau anggota tim. Mahasiswa akan belajar bagaimana memahami fenomena perilaku dalam organisasi secara efektif. Aspek kedua dari mata kuliah ini adalah memahami kemampuan untuk mempengaruhi perilaku dan interaksi individu untuk mencapai kinerja kelompok. Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan kemampuan kognitif sekaligus mengasah kemampuannya dalam memimpin, memotivasi, dan mengintegrasikan seluruh elemen organisasi untuk mencapai visi dan misi organisasi.
Aspek ketiga mata kuliah ini adalah memahami kondisi perubahan organisasi yang mengarah pada pencapaian organisasi berkinerja tinggi. Hal ini didukung oleh kinerja individu dan kelompok yang mumpuni. Aspek terakhir adalah memahami dan mengintegrasikan seluruh aspek ke dalam domain yang disebut perilaku organisasi strategis (STROBE). Hal ini mengharuskan mahasiswa untuk mensintesis dan membuat keputusan strategis untuk masa depan bisnis.Marketing Management
This course describes the way a company achieves its marketing goals by determining a specified target market and using its sufficient marketing sources to successfully serve the target market. Therefore, marketing is an orderly and insightful process for thinking about planning for markets. The efforts are conducted in a superior way facing the age of technological advancement. Customer value is perceived as a controlling factor to formulate a broad strategy and refining it into a detailed marketing mix, i.e. product, price, place or distribution and promotion, and action plan. Planning, evaluation, and improvement relating to the marketing mix need marketing decisions by a manager. The decisions include whom the company wants as its customers, which needs to satisfy, what products and services to offer, what prices to set, what communications to send and receive, what channels of distribution to use, and what partnerships to develop. In making his/her decisions, he/she might be influenced by uncontrollable environmental factors, such as political, economic, social, legal, technological, demographic factors, and competition.