LEADERSHIP AND ORGANIZATIONAL BEHAVIOR R83A
Mata kuliah ini merespon dan mengantisipasi dinamika bisnis yang dihadapi oleh seorang pemimpin kaitannya dengan pengelolaan sumber daya manusia secara efektif dengan memahami dan menerapkan ilmu perilaku organisasional (OB). OB adalah bidang studi yang membantu seorang pemimpin untuk memahami dampak perilaku individual dan kelompok, serta pengaruh dan proses organisasional dalam rangka meningkatkan efektivitas organisasi. Mahasiswa akan digerakkan dari semula sebagai pemain solo yang mengontribusikan keahlian, kompetensi dan keterampilan individualnya menjadi seorang team player and contributor bagi organisasi.
Mata kuliah ini dirancang khusus bagi mahasiswa pada semester pertama untuk memberikan beberapa aspek dasar dalam mengelola dan memimpin sumber daya manusia. Aspek pertama adalah pemahaman dan refleksi diri (self awareness) baik sebagai seorang pemimpin ataupun anggota tim sehingga dapat lebih efektif dalam memersepsikan fenomena keperilakuan yang terjadi dalam organisasi. Aspek kedua adalah pemahaman dan kemampuan memengaruhi perilaku individual dan interaksinya untuk mencapai kinerja kelompok. Mata kuliah ini akan memberikan kemampuan kognitif sekaligus mengasah kemampuan memimpin, memotivasi, dan memadukan semua elemen organisasi untuk pencapaian visi dan misi organisasi. Aspek ketiga adalah pemahaman terhadap kondisi imperatif perubahan organisasional yang mengarah pada pencapaian organisasi berkinerja tinggi dan bagaimana hal ini ditunjang dengan kinerja individual dan kelompok yang mumpuni. Aspek terakhir terkait dengan pemahaman dan pengintegrasian semua aspek ke dalam suatu domain berlabel strategic organizational behavior (STROBE). Hal ini menuntut mahasiswa untuk memahami dan menyintesisnya untuk dapat mengambil keputusan yang bersifat strategik bagi masa depan bisnisnya.
Project and Program Management MBA YK
Project, program, and portfolio management is essential for any types of organisations. It deals with how to effectively and efficiently manage a series of activities and projects to ensure that they are on time, on specification, and on budget. This course is designed to help students understand, critically analyse, and apply project, program, and portfolio management processes and tools. It covers topics related to planning, scheduling, organising, and controlling projects as part of programs and portfolios.
This course adopts
learning-focussed teaching, meaning that students’ learning process is
paramount and developed through open discussion and critical thinking rather
than one-way lecture. Students are expected to prepare themselves prior to the
class discussion. Whilst selected topics and readings are offered to trigger
the class discussions, students are welcome to bring and discuss their own
materials beyond what has been suggested in this syllabus. This way, students
are responsible for their own learning. They are the centre of knowledge that
is (re)constructed together with the lecturer acting as a facilitator.
RM_MM_AP_sem2_2023_24
This course discusses risk management in the context of an organization/company. Risks are everywhere. The task of a risk manager is to help an organization becomes more sensitive to the risks, to anticipate, to mitigate them and subsequently to increase the value of the organization. From this class, the students are expected to obtain a comprehensive understanding of how to identify, measure, and manage risks, as well as to comprehend governance aspects of risk management. Hence, the most important outcome is that you are able to perform either as a good risk manager or a financial manager to maximize profits for your company, given the risks you deal with